Lomba Cerdas Cermat Akuntansi Mahasiswa Tingkat Nasional 2017



                                       
Tahun 2017 menjadi sejarah baru bagi Himpunan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi (HIMA DIKSI) FE UNY. Pasalnya di tahun ini HIMA DIKSI berinovasi untuk menyelenggarakan event baru yaitu Lomba Cerdas Cermat Akuntansi bagi Mahasiswa untuk pertama kalinya.  Bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pajak Kantor Wilayah DIY. LCCA bagi mahasiswa tingkat nasional ini mengusung tema “Tax For the Better Future” dengan materi pajak yang dilombakan dalam acara tersebut.  Acara yang diadakan pada tanggal 18 November 2017 tersebut diikuti oleh 44 tim dari 19 Perguruan Tinggi seluruh Indonesia.
Pemukulan gong oleh Prof. Dr. Sumaryanto , M.Kes. selaku Wakil Rektor III Universitas Negeri Yogyakarta menjadi permulaan acara yang dilanjutkan dengan babak penyisihan. Hasil dari babak penyisihan diambil 6 tim dengan nilai tertinggi, yaitu Universitas Indonesia tim A, Universitas Indonesia im B, Universitas Gadjah Mada tim B, Universitas Teknologi Yogyakarta tim C, Universitas Airlangga tim C dan Universitas Negeri Yogyakarta. Dilanjutkan dengan babak semifinal berupa debat akuntansi pajak yang mempertemukan antara UI tim A vs UNY, UGM tim B vs Unair, UTY vs UI tim B. Debat tersebut dibersamai oleh 3 juri yaitu Bapak Ponty SP Hutama, S.E., M.Si., Ak., CA., Bapak Moh Fuad, S.T. M.T. selaku perwakilan dari DJP, dan Bapak Rasman, M.A dari FBS UNY. Dengan menggunakan prepared motion  babak semifinal  mengangkat mosi-mosi terkini yang berkaitan dengan pajak. Dan tim yang berhasil masuk babak final yaitu UI tim A, UGM tim B dan UI tim B. Setelah melalui babak wajib, babak lemparan dan babak rebutan dalam Lomba Cerdas Cemat tersebut maka Juara 1 diraih oleh Universitas Indonesia tim B, Juara 2 diraih Universitas Indonesia tim A, dan Juara 3 diraih oleh Univesitas Gajdah Mada tim B. Tidak hanya membawa trophy namun para pemenang juga berhak mendapatkan tabungan pendidikan.
Semoga di tahun-tahun kedepannya, HIMA DIKSI dapat terus menyelenggarakan Lomba Cerdas Cermat Akuntansi bagi siswa maupun mahasiswa dengan sistem yang semakin baik.