DIKSI MAGAZINE - STUDENT DEVELOPMENT PROGRAM


Organisasi Mahasiswa merupakan suatu tempat yang digunakan sebagai wadah aspirasi dan kegiatan mahasiswa. Dalam perjalanannya organisasi mahasiswa membutuhkan informasi baik dari dalam maupun luar fakultas untuk mengembangkan pola kegiatan mahasiswa. Kegiatan seperti pertukaran informasi, pengembangan pola pikir yang kreatif, inovatif, dan komunikatif yang diharapkan bermanfaat untuk mahasiswa, fakultas, dan universitas. Apalagi di masa pandemi COVID-19 ini yang mengharuskan mahasiswa untuk School From Home (SFH) sehingga mengurangi intensitas pertemuan antar pengurus. Maka dari itu, kami selaku Himpunan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (HIMA DIKSI FE UNY) berinisiatif untuk melakukan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja himpunan dan menambah pengalaman yang bisa diterapkan dalam melaksanakan program kerja.
Studi pengembangan organisasi mahasiswa (Study Development) adalah sebuah konsep pembelajaran yang dilakukan pada lokasi dan lingkungan yang berbeda. Hal tersebut dilakukan untuk menggali ilmu yang bisa dijadikan sebagai wahana untuk mengembangkan sebuah organisasi. Namun karena terhalang oleh adanya pademi COVID-19, Study Development 2020 dilakukan secara daring/online pada tanggal 28 Juli 2020. Berdasarkan uraian tersebut maka Himpunan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (HIMA DIKSI FE UNY) bermaksud untuk melakukan studi pengembangan organisasi mahasiswa (Study Development) ke Himpunan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Pendidikan Indonesia (HIMA DIKSI UPI).
Himpunan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Pendidikan Indonesia dipilih menjadi objek studi pengembangan organisasi mahasiswa (Study Development) karena memiliki keunggulan dalam pengembangan organisasi kemahasiswaan. Studi Pengembangan ini diharapkan dapat menjadi ajang untuk saling bertukar pengalaman dan informasi dalam mengembangkan organisasi. Kegiatan Study Development Himpunan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi 2020 diharapkan mampu memberikan inspirasi bagi Pengurus Himpunan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta dalam melaksanakan program-program kerja ke depan.