DIKSI MAGAZINE - SMART ACCOUNTING COMPETITION


Situasi dan kondisi saat pandemi tidak menentu, berbagai sektor terkena dampaknya salah satunya pendidikan. Namun pendidikan harus berjalan dalam keadaan apapun. Berbagai sekolah tinggi, institute hingga universitas menerapkan kebijakan kuliah online demi mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan pendidikan tinggi. Meskipun begitu, pandemi tidak menghalangi mahasiswa untuk berkreasi dan berprestasi.
Untuk itu pada tahun ini Himpunan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi FE UNY mewadahi mahasiswa untuk mengembangkan semangat berkompetisi dan berprestasi melalui Smart Accounting Competition 2020 Realize Accounting Generation to Leading The Fintech Race yang termasuk kedalam serangkaian kegiatan LCCA 2020. Tahun ini LCCA mengusung tema “Mengembangkan Fintech untuk Menghadapi Dampak Pandemi Covid-19 bagi Peran Akuntan di Era Society 5.0 melalui Lomba Cerdas Cermat Akuntansi 2020”
Kegiatan Smart Accounting Competition (SAC) Mahasiswa 2020 merupakan serangkaian kompetisi akuntansi bagi  mahasiwa yang dimulai dari bulan September 2020 hingga Oktober 2020. Kegiatan ini dapat menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengasah dan meningkatkan
kemampuan maupun potensi intelektual dalam bidang disiplin ilmu akuntansi. Di samping itu, kegiatan ini dapat menjadi sarana bagi mahasiswa untuk menambah relasi. 
Serangkaian kegiatan SAC 2020 meliputi Technical Meeting, Tean Selection, Semifinal Round, dan Final Round. Adanya kondisi pandemi Covid-19 tidak menghalangi pihak pelaksana untuk mengadakan serangkaian kegiatan di tahun ini. Oleh karena itu pelaksanaan LCCA tahun ini menggunakan seluruhnya sistem online dengan memanfaatkan platform Besmart dan Zoom Meeting.
Kondisi pandemi ternyata tak menyurutkan semangat para peserta untuk mengikuti serangkaian perlombaan. Hal ini dapat dilihat dimana kegiatan SAC 2020 diikuti oleh 89 tim dari berbagai perguruan tinggi yang berasal dari seluruh wilayah di Indonesia. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat utamanya untuk generasi akuntansi agar lebih siap dalam  menghadapi tantangan dikarenakan perubahan teknologi dan zaman. Selain itu, semoga kegiatan ini juga dapat menjadi kompetisi yang mewadahi mahasiswa sehingga tetap dapat berprestasi walaupun berada di masa pandemi Covid-19.