PENDAHULUAN
Kegiatan PKM-PA adalah penyebaran
angket secara online melalui platform Google Forms kepada
mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2020, 2021, dan 2022 serta kepada
seluruh dosen Departemen Pendidikan Akuntansi yang kemudian hasil angket
tersebut akan diolah Divisi Penelitian dan Pengembangan. Hasil dari program
kerja ini nantinya dipublikasikan dalam salah satu program kerja Divisi
Kesejahteraan Mahasiswa yaitu Accounting Education Sharing and Motivation (AESM).
Kegiatan PKM-PA bertujuan untuk melakukan survey dan
penelitian terhadap mahasiswa dan dosen Pendidikan Akuntansi FEB UNY dalam
rangka memberikan fasilitas bagi mahasiswa dan dosen untuk menilai,
mengevaluasi, dan menyampaikan aspirasinya terhadap fasilitas akademik,
kemahasiswaan, organisasi Himpunan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi (HIMA DIKSI),
fasilitas pengembangan karya tulis mahasiswa, informasi-informasi kependidikan,
hingga kebijakan-kebijakan baru yang berlaku di kampus serta memberikan kritik
dan sarannya.
HASIL OLAH ANGKET PKM-PA 2023
1.
Hasil Angket Mahasiswa Pendidikan Akuntansi
Penilaian Dosen
No |
Pernyataan |
Nilai |
Kategori |
1 |
Penerapan
etika dosen dalam perkuliahan |
75 |
Baik |
2 |
Kesesuaian
pembelajaran dengan karakteristik mata kuliah |
72 |
Baik |
3 |
Kesesuaian
penilaian dengan pembelajaran |
69 |
Baik |
4 |
Keandalan
dosen dalam melayani mahasiswa |
70 |
Baik |
5 |
Ketepatan
waktu dalam jam pembelajaran perkuliahan |
66 |
Baik |
Penilaian Kualitas Layanan dan Perkuliahan Prodi Pendidikan Akuntansi
No |
Pernyataan |
Nilai |
Kategori |
1 |
Keandalan
pengelola Departemen Pendidikan Akuntansi dalam
melayani mahasiswa |
68 |
Baik |
2 |
Kecepatan
pengelola Departemen Pendidikan Akuntansi dalam
melayani mahasiswa |
67 |
Baik |
3 |
Ketepatan
pengelola dalam melayani mahasiswa sesuai dengan peraturan |
69 |
Baik |
4 |
Layanan admin
Departemen Pendidikan Akuntansi |
69 |
Baik |
5 |
Efektivitas
layanan e-service bagi mahasiswa |
71 |
Baik |
6 |
Layanan
bimbingan dan konseling |
66 |
Baik |
7 |
Layanan
beasiswa (misalnya: Beasiswa BRIGHT dan beasiswa BI) |
69 |
Baik |
8 |
Layanan
kesehatan |
63 |
Baik |
9 |
Kemudahan
layanan keuangan (misalnya: pembayaran UKT, pengurusan beasiswa, dispensasi
pembayaran) |
66 |
Baik |
10 |
Ketersediaan,
kepemilikan, kemutakhiran, dan kesiapgunaan fasilitas dan peralatan untuk
kegiatan pembelajaran |
67 |
Baik |
11 |
Kemudahan
untuk memanfaatkan prasarana untuk kegiatan pembelajaran |
66 |
Baik |
12 |
Ketersediaan
dan kemudahan akses prasarana untuk orang berkebutuhan khusus (difabel) |
65 |
Baik |
13 |
Kecukupan
prasarana TIK (komputer, bandwith, jaringan, kapasitas penyimpan data) |
66 |
Baik |
14 |
Aksesibilitas
sistem informasi (kecukupan, kemudahan penggunaan sistem informasi: siakad,
besmart, presensi, dll) |
72 |
Baik |
15 |
Ketersediaan
dan kemudahan akses Parkiran di Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
60 |
Baik |
Penilaian Kualitas Layanan dan Perkuliahan Fakultas
Ekonomi dan Bisnis
No |
Pernyataan |
Nilai |
Kategori |
1 |
Keadilan
layanan Fakultas/ Tendik/ Mahasiswa (layanan yang adil, nondiskriminatif, dan
toleran) |
71 |
Baik |
2 |
Layanan
bidang penalaran (misalnya: informasi mengenai bidang akademik dan
lomba-lomba PKM) |
68 |
Baik |
3 |
Layanan bidang
minat dan bakat (misalnya: adanya UKM di Fakultas) |
71 |
Baik |
4 |
Layanan
bimbingan karier (misalnya: penyiapan untuk memperoleh pekerjaan dan
penyaluran lulusan ke tempat kerja) |
66 |
Baik |
5 |
Layanan
bimbingan kewirausahaan (misalnya: adanya pelatihan edubisma, lomba P2MW, dan
workshop KBMK) |
68 |
Baik |
6 |
Layanan
bimbingan dan konseling |
66 |
Baik |
7 |
Layanan
beasiswa (misalnya: Beasiswa BRIGHT dan beasiswa BI) |
69 |
Baik |
8 |
Layanan
kesehatan |
63 |
Baik |
9 |
Kemudahan
layanan keuangan (misalnya: pembayaran UKT, pengurusan beasiswa, dispensasi
pembayaran) |
66 |
Baik |
10 |
Ketersediaan,
kepemilikan, kemutakhiran, dan kesiapgunaan fasilitas dan peralatan untuk
kegiatan pembelajaran |
67 |
Baik |
11 |
Kemudahan
untuk memanfaatkan prasarana untuk kegiatan pembelajaran |
66 |
Baik |
12 |
Ketersediaan
dan kemudahan akses prasarana untuk orang berkebutuhan khusus (difabel) |
65 |
Baik |
13 |
Kecukupan
prasarana TIK (komputer, bandwith, jaringan, kapasitas penyimpan data) |
66 |
Baik |
14 |
Aksesibilitas
sistem informasi (kecukupan, kemudahan penggunaan sistem informasi: siakad,
besmart, presensi, dll) |
72 |
Baik |
15 |
Ketersediaan
dan kemudahan akses Parkiran di Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
60 |
Baik |
Penilaian Kualitas Layanan Pusat Universitas Negeri
Yogyakarta
No |
Pernyataan |
Nilai |
Kategori |
1 |
Efektivitas
kegiatan pelatihan ProTEFL secara daring bagi mahasiswa |
63 |
Baik |
2 |
Efektivitas
kegiatan pelatihan softskill secara daring bagi mahasiswa |
67 |
Baik |
3 |
Kejelasan dan
kebermanfaatan pelatihan TIK secara daring bagi mahasiswa |
67 |
Baik |
4 |
Kejelasan
mengenai kepastian sistem perkuliahan |
67 |
Baik |
Penilaian Kinerja Himpunan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi
No |
Pernyataan |
Nilai |
Kategori |
1 |
Kebermanfaatan
berbagai program kerja HIMA DIKSI dalam memenuhi kebutuhan mahasiswa untuk
meningkatkan kualitas dan produktivitas Mahasiswa Pendidikan Akuntansi |
70 |
Baik |
2 |
Keadilan
layanan Mahasiswa (layanan yang adil, non diskriminatif, dan
toleran) |
71 |
Baik |
3 |
Layanan
bimbingan kewirausahaan |
69 |
Baik |
4 |
Layanan
bidang minat dan bakat |
70 |
Baik |
5 |
Layanan
bimbingan dalam penelitian dan pengembangan (misalnya: keterlibatan dalam
penilaian dosen) |
69 |
Baik |
6 |
Ketepatan
kegiatan Hima yang positif agar tercipta karakter yang aktif dan berprestasi |
69 |
Baik |
7 |
Keandalan membangun
hubungan yang harmonis antar sesama Mahasiswa Pendidikan Akuntansi |
68 |
Baik |
8 |
Kontribusi
pengurus dalam bidang akademik maupun non akademik |
69 |
Baik |
Opini Mahasiswa Pendidikan Akuntansi
1.
Wadah
yang disediakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (berupa UKMF) untuk mengembangkan
potensi non akademik (softskill) sudah cukup optimal, tetapi tetap perlu ditingkatkan kembali terutama terkait
fasilitas tempat, aturan yang telah dirancang terkadang membingungkan dan tidak
konsisten, kesadaran serta partisipasi dari diri mahasiswa, penyampaian
informasi yang jelas mengenai fasilitas yang diberikan apa saja agar mahasiswa
dapat berpartisipasi memanfaatkan fasilitas dengan baik, menambah beberapa UKMF agar cakupannya lebih luas lagi sesuai minat dan bakat
mahasiswa FEB, selain itu juga harus mengelola UKMF agar menjadi ormawa lebih
baik lagi agar dapat mewadahi minat bakat mahasiswa lebih optimal. Selain itu,
partisipasi dan antusias dari mahasiswa juga diharapkan dapat ditingkatkan agar
fasilitas yang telah disediakan dapat menjadi wadah yang optimal untuk
mengembangkan softskillnya.
2.
Keefektifan
pelaksanaan kegiatan perkuliahan saat ini cukup efektif. Akan tetapi, pada
beberapa mata kuliah masih terkadang dilaksanakan secara hybrid padahal
seharusnya sudah 100% luring serta ada kegiatan perkuliahan tidak selalu sesuai
dengan RPS. Mayoritas dosen sudah memberikan kejelasan modul untuk menunjang
pembelajaran, namun masih ada beberapa dosen yang tidak memberikan modul secara
spesifik dan membuat pembelajaran jadi tidak objektif. Selain itu, terkait
penggunaan Besmart sebagai platform pembelajaran juga masih perlu ditingkatkan
untuk selalu mengupdate sumber belajar mahasiswa.
3.
Pelaksanaan
sosialisasi online sangat perlu dilaksanakan agar menambah wawasan
mahasiswa serta meminimalisir ketertinggalan informasi. Hal tersebut
dikarenakan banyak dari mahasiswa yang belum memahami kegiatan dan informasi
mengenai program-program tersebut.
4.
Media
sosial HIMA DIKSI sudah membantu mahasiswa dalam mendapatkan informasi perkuliahan
baik akademik maupun non-akademik akan tetapi agar lebih optimal dapat terus diupdate
mengenai informasi penting dari fakultas serta membagikan linknya
melalui WhatsApp Group mahasiswa.
5.
Informasi
yang dibutuhkannya Mahasiswa Pendidikan Akuntansi:
a) Beasiswa
b) Semester Pendek
c) Informasi kalender akademik
d) Lomba esai, KTI, KBMK, editing
e) Kepanitiaan
f) Informasi terkait sistem pelaksanaan kurikulum merdeka
yang di laksanakan di UNY
g) Pengembangan karir, lowongan kerja, magang, dan volunteer.
h) Informasi mengenai MBKM, PMM, KKN, PK dan konversi sks
merdeka belajar
6.
Informasi
serta bimbingan dalam perlombaan sudah tersedia tetapi masih harus
ditingkatkan. Harapannya antusias dari diri sendiri dan teman-teman sekalian
untuk dapat aktif berpartisipasi mengikuti berbagai perlombaan. Kemudian ada
beberapa lomba yang membutuhkan biaya pendaftaran, semoga ke depannya apabila
bisa melakukan pengajuan dana untuk biaya pendaftaran apabila mengikuti suatu
lomba.
7.
Informasi
mengenai MBKM sudah cukup memadai, akan tetapi diharapkan untuk ke depannya
informasi tentang MBKM bisa dimaksimalkan dalam penyampaiannya agar bisa lebih
mendetail, jelas, dan menyeluruh sehingga mahasiswa dapat memahami dan
memaksimalkan program tersebut. Diharapkan juga di Fakultas Ekonomi dan Bisnis
dapat menyediakan mata kuliah MBKM yang nantinya dapat diambil mahasiswa
Pendidikan Akuntansi agar masih sejalur dengan prodi.
Saran dan Komentar terkait Prodi
Pendidikan Akuntansi dan Organisasi HIMA DIKSI
Departemen Pendidikan Akuntansi sudah baik. Semoga dapat lebih baik lagi
dalam memberikan pelayanan bagi mahasiswa dan seluruh civitas akademika
Departemen Pendidikan Akuntansi. Untuk HIMA DIKSI harapannya dapat membawakan
program kerja maupun kegiatan yang dapat memberikan kebermanfaatan bagi
mahasiswa maupun masyarakat sekitar, serta dapat membawa FEB dan UNY yang lebih
baik lagi dalam mengikuti berbagai kompetisi. Untuk ke depannya dapat
ditingkatkan kepedulian, komunikasi, solidaritas, dan kekeluargaannya.
2.
Hasil Angket Dosen Departemen Pendidikan Akuntansi
Penilaian terhadap Mahasiswa
Pendidikan Akuntansi
No |
Pertanyaan |
Nilai |
Kategori |
1 |
Kedisiplinan dan ketertiban mahasiswa pendidikan
akuntansi dalam proses perkuliahan |
76 |
Baik |
2 |
Etika mahasiswa pendidikan akuntansi dalam proses
perkuliahan |
72 |
Baik |
3 |
Keaktifan mahasiswa pendidikan akuntansi dalam perkuliahan |
62 |
Baik |
4 |
Penguasaan teknologi mahasiswa pendidikan akuntansi |
72 |
Baik |
5 |
Kesiapan mahasiswa pendidikan akuntansi dalam
menghadapi perkuliahan dengan tatap muka |
67 |
Baik |
6 |
Ketercapaian tujuan pembelajaran dengan hasil yang
dicapai mahasiswa pendidikan akuntansi dalam proses perkuliahan |
70 |
Baik |
7 |
Kesadaran dan kematangan persiapan mahasiswa pendidikan
akuntansi dalam proses perkuliahan |
66 |
Baik |
8 |
Pelibatan mahasiswa pendidikan akuntansi dalam
penelitian/kajian dan atau pengembangan/rekayasa/desain yang dilakukan dosen |
65 |
Baik |
Masukan
dan Saran untuk Mahasiswa Pendidikan Akuntansi
1. Mahasiswa seharusnya lebih rajin dan bertanggungjawab
2. Mahasiswa harus meningkatkan lagi keaktifan di dalam
kelas
3. Mahasiswa dapat lebih aktif dalam kegiatan MBKM,
Perlombaan, dan kegiatan yang dapat meningkatkan softskill lainnya.
4. Mahasiswa seharusnya lebih memanfaatkan fasilitas yang
diberikan.
5. Mahasiswa masih perlu meningkatkan integritas, kinerja,
dan tatakrama.
6.
Mahasiswa
perlu meningkatkan budaya membaca agar mempunyai kemampuan belajar mandiri yang
berkelanjutan.
HASIL TANGGAPAN PKM-PA 2023 PADA
AESM 2023
Tanggapan Bu Ani Widayati, M.Pd., Ed.D., selaku Ketua Departemen Pendidikan Akuntansi UNY
menanggapi terkaitan perkuliahan diselenggarakan luring maupun daring. Menurut
Bu Ani sebaiknya jika perkuliahan diselenggarakan secara daring mungkin
sifatnya ke pengetahuan dan penguasaan konsep agar memiliki kemampuan skill
membaca. Namun jika terkait dengan praktik dapat dilaksanakan secara tatap muka. Apabila mahasiswa
tidak paham dengan materi jika secara daring, mahasiswa juga diperbolehkan
meminta untuk luring.
Terkait fasilitas, Bu Ani menanggapi apa yang menjadi keluhan, hambatan,
Departemen akan menyampaikan kepada pihak terkait. Karena fasilitas merupakan
milik fakultas, jadi departemen hanya dapat menjembatani untuk menyampaikan
keluhan kepada fakultas.
Mengenai etika dosen menurut Bu Ani, bapak/Ibu dosen memiliki etika yang
bagus dan bisa menjadi contoh dan teladan. Secara umum sudah bagus, tetapi secara khusus di dalam kelas itu menjadi hak prerogatif Bapak/Ibu dosen. Bu Ani juga menanggapi bahwa RPS adalah
kesepakatan bersama di awal perkuliahan, menurut Bu Ani sosialisasi RPS sangat
penting. Sedangkan karakteristik mata kuliah, Bu Ani menanggapi bahwa skill
dilakukan dengan praktik sedangkan konsep dapat dilakukan seperti presentasi.
Metode penyampaian materi harus disesuaikan dengan sifat materi.
Bu Ani menanggapi mengenai admin Departemen Pendidikan Akuntansi sudah baik
saat ini tidak ada keluhan kepada admin. Admin Departemen Pendidikan Akuntansi
juga merupakan admin terbaik di Fakultas Ekonomi dan Bisnis.
Bu Ani menanggapi bimbingan Karier di UNY masih jarang, hanya ada di Pusat.
Bu Ani akan berusaha mengupayakan untuk mengadakan bimbingan karier dan akan
diagendakan.
Terkai informasi MBKM Bu Ani menanggapi di Prodi tidak ada humas, namun
kalau memungkinkan Bu Ani akan meneruskan informasi dari pihak atas ke grup ketua kelas. Bu Ani juga menyarankan untuk mengambil MBKM yang dapat mendukung karier kita di masa depan dan dapat memperdalam skill mahasiswa.