Hasil dan Tanggapan Angket PKM-PA 2023


PENDAHULUAN

Kegiatan PKM-PA adalah penyebaran angket secara online melalui platform Google Forms kepada mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2020, 2021, dan 2022 serta kepada seluruh dosen Departemen Pendidikan Akuntansi yang kemudian hasil angket tersebut akan diolah Divisi Penelitian dan Pengembangan. Hasil dari program kerja ini nantinya dipublikasikan dalam salah satu program kerja Divisi Kesejahteraan Mahasiswa yaitu Accounting Education Sharing and Motivation (AESM).

Kegiatan PKM-PA bertujuan untuk melakukan survey dan penelitian terhadap mahasiswa dan dosen Pendidikan Akuntansi FEB UNY dalam rangka memberikan fasilitas bagi mahasiswa dan dosen untuk menilai, mengevaluasi, dan menyampaikan aspirasinya terhadap fasilitas akademik, kemahasiswaan, organisasi Himpunan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi (HIMA DIKSI), fasilitas pengembangan karya tulis mahasiswa, informasi-informasi kependidikan, hingga kebijakan-kebijakan baru yang berlaku di kampus serta memberikan kritik dan sarannya.

HASIL OLAH ANGKET PKM-PA 2023

1.        Hasil Angket Mahasiswa Pendidikan Akuntansi

Penilaian Dosen

No

Pernyataan

Nilai

Kategori

1

Penerapan etika dosen dalam perkuliahan

75

Baik

2

Kesesuaian pembelajaran dengan karakteristik mata kuliah

72

Baik

3

Kesesuaian penilaian dengan pembelajaran

69

Baik

4

Keandalan dosen dalam melayani mahasiswa

70

Baik

5

Ketepatan waktu dalam jam pembelajaran perkuliahan

66

Baik

 

Penilaian Kualitas Layanan dan Perkuliahan Prodi Pendidikan Akuntansi

No

Pernyataan

Nilai

Kategori

Keandalan pengelola Departemen Pendidikan Akuntansi dalam melayani mahasiswa

68

Baik

 2

Kecepatan pengelola Departemen Pendidikan Akuntansi dalam melayani mahasiswa

67

Baik

 3

Ketepatan pengelola dalam melayani mahasiswa sesuai dengan peraturan

69

Baik

 4

Layanan admin Departemen Pendidikan Akuntansi

69

Baik

 5

Efektivitas layanan e-service bagi mahasiswa

71

Baik

6

Layanan bimbingan dan konseling

66

Baik

7

Layanan beasiswa (misalnya: Beasiswa BRIGHT dan beasiswa BI)

69

Baik

8

Layanan kesehatan

63

Baik

9

Kemudahan layanan keuangan (misalnya: pembayaran UKT, pengurusan beasiswa, dispensasi pembayaran)

66

Baik

10

Ketersediaan, kepemilikan, kemutakhiran, dan kesiapgunaan fasilitas dan peralatan untuk kegiatan pembelajaran

67

Baik

11

Kemudahan untuk memanfaatkan prasarana untuk kegiatan pembelajaran

66

Baik

12

Ketersediaan dan kemudahan akses prasarana untuk orang berkebutuhan khusus (difabel)

65

Baik

13

Kecukupan prasarana TIK (komputer, bandwith, jaringan, kapasitas penyimpan data)

66

Baik

14

Aksesibilitas sistem informasi (kecukupan, kemudahan penggunaan sistem informasi: siakad, besmart, presensi, dll)

72

Baik

15

Ketersediaan dan kemudahan akses Parkiran di Fakultas Ekonomi dan Bisnis

60

Baik

 

Penilaian Kualitas Layanan dan Perkuliahan Fakultas Ekonomi dan Bisnis

No

Pernyataan

Nilai

Kategori

1

Keadilan layanan Fakultas/ Tendik/ Mahasiswa (layanan yang adil, nondiskriminatif, dan toleran)

71

Baik

2

Layanan bidang penalaran (misalnya: informasi mengenai bidang akademik dan lomba-lomba PKM)

68

Baik

3

Layanan bidang minat dan bakat (misalnya: adanya UKM di Fakultas)

71

Baik

4

Layanan bimbingan karier (misalnya: penyiapan untuk memperoleh pekerjaan dan penyaluran lulusan ke tempat kerja)

66

Baik

5

Layanan bimbingan kewirausahaan (misalnya: adanya pelatihan edubisma, lomba P2MW, dan workshop KBMK)

68

Baik

6

Layanan bimbingan dan konseling

66

Baik

7

Layanan beasiswa (misalnya: Beasiswa BRIGHT dan beasiswa BI)

69

Baik

8

Layanan kesehatan

63

Baik

9

Kemudahan layanan keuangan (misalnya: pembayaran UKT, pengurusan beasiswa, dispensasi pembayaran)

66

Baik

10

Ketersediaan, kepemilikan, kemutakhiran, dan kesiapgunaan fasilitas dan peralatan untuk kegiatan pembelajaran

67

Baik

11

Kemudahan untuk memanfaatkan prasarana untuk kegiatan pembelajaran

66

Baik

12

Ketersediaan dan kemudahan akses prasarana untuk orang berkebutuhan khusus (difabel)

65

Baik

13

Kecukupan prasarana TIK (komputer, bandwith, jaringan, kapasitas penyimpan data)

66

Baik

14

Aksesibilitas sistem informasi (kecukupan, kemudahan penggunaan sistem informasi: siakad, besmart, presensi, dll)

72

Baik

15

Ketersediaan dan kemudahan akses Parkiran di Fakultas Ekonomi dan Bisnis

60

Baik

 

Penilaian Kualitas Layanan Pusat Universitas Negeri Yogyakarta

No

Pernyataan

Nilai

Kategori

1

Efektivitas kegiatan pelatihan ProTEFL secara daring bagi mahasiswa

63

Baik

2

Efektivitas kegiatan pelatihan softskill secara daring bagi mahasiswa

67

Baik

3

Kejelasan dan kebermanfaatan pelatihan TIK secara daring bagi mahasiswa

67

Baik

4

Kejelasan mengenai kepastian sistem perkuliahan

67

Baik

 

Penilaian Kinerja Himpunan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi

No

Pernyataan

Nilai

Kategori

1

Kebermanfaatan berbagai program kerja HIMA DIKSI dalam memenuhi kebutuhan mahasiswa untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas Mahasiswa Pendidikan Akuntansi

70

Baik

2

Keadilan layanan Mahasiswa (layanan yang adil, non diskriminatif, dan toleran)  

71

Baik

3

Layanan bimbingan kewirausahaan

69

Baik

4

Layanan bidang minat dan bakat

70

Baik

5

Layanan bimbingan dalam penelitian dan pengembangan (misalnya: keterlibatan dalam penilaian dosen)  

69

Baik

6

Ketepatan kegiatan Hima yang positif agar tercipta karakter yang aktif dan berprestasi

69

Baik

7

Keandalan membangun hubungan yang harmonis antar sesama Mahasiswa Pendidikan Akuntansi

68

Baik

8

Kontribusi pengurus dalam bidang akademik maupun non akademik

69

Baik

 

Opini Mahasiswa Pendidikan Akuntansi

1.      Wadah yang disediakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (berupa UKMF) untuk mengembangkan potensi non akademik (softskill) sudah cukup optimal, tetapi tetap perlu ditingkatkan kembali terutama terkait fasilitas tempat, aturan yang telah dirancang terkadang membingungkan dan tidak konsisten, kesadaran serta partisipasi dari diri mahasiswa, penyampaian informasi yang jelas mengenai fasilitas yang diberikan apa saja agar mahasiswa dapat berpartisipasi memanfaatkan fasilitas dengan baik, menambah beberapa UKMF agar cakupannya lebih luas lagi sesuai minat dan bakat mahasiswa FEB, selain itu juga harus mengelola UKMF agar menjadi ormawa lebih baik lagi agar dapat mewadahi minat bakat mahasiswa lebih optimal. Selain itu, partisipasi dan antusias dari mahasiswa juga diharapkan dapat ditingkatkan agar fasilitas yang telah disediakan dapat menjadi wadah yang optimal untuk mengembangkan softskillnya.

2.      Keefektifan pelaksanaan kegiatan perkuliahan saat ini cukup efektif. Akan tetapi, pada beberapa mata kuliah masih terkadang dilaksanakan secara hybrid padahal seharusnya sudah 100% luring serta ada kegiatan perkuliahan tidak selalu sesuai dengan RPS. Mayoritas dosen sudah memberikan kejelasan modul untuk menunjang pembelajaran, namun masih ada beberapa dosen yang tidak memberikan modul secara spesifik dan membuat pembelajaran jadi tidak objektif. Selain itu, terkait penggunaan Besmart sebagai platform pembelajaran juga masih perlu ditingkatkan untuk selalu mengupdate sumber belajar mahasiswa.

3.      Pelaksanaan sosialisasi online sangat perlu dilaksanakan agar menambah wawasan mahasiswa serta meminimalisir ketertinggalan informasi. Hal tersebut dikarenakan banyak dari mahasiswa yang belum memahami kegiatan dan informasi mengenai program-program tersebut.

4.      Media sosial HIMA DIKSI sudah membantu mahasiswa dalam mendapatkan informasi perkuliahan baik akademik maupun non-akademik akan tetapi agar lebih optimal dapat terus diupdate mengenai informasi penting dari fakultas serta membagikan linknya melalui WhatsApp Group mahasiswa.

5.      Informasi yang dibutuhkannya Mahasiswa Pendidikan Akuntansi:

a)      Beasiswa

b)      Semester Pendek

c)      Informasi kalender akademik

d)      Lomba esai, KTI, KBMK, editing

e)      Kepanitiaan

f)       Informasi terkait sistem pelaksanaan kurikulum merdeka yang di laksanakan di UNY

g)      Pengembangan karir, lowongan kerja, magang, dan volunteer.

h)      Informasi mengenai MBKM, PMM, KKN, PK dan konversi sks merdeka belajar

6.      Informasi serta bimbingan dalam perlombaan sudah tersedia tetapi masih harus ditingkatkan. Harapannya antusias dari diri sendiri dan teman-teman sekalian untuk dapat aktif berpartisipasi mengikuti berbagai perlombaan. Kemudian ada beberapa lomba yang membutuhkan biaya pendaftaran, semoga ke depannya apabila bisa melakukan pengajuan dana untuk biaya pendaftaran apabila mengikuti suatu lomba.

7.      Informasi mengenai MBKM sudah cukup memadai, akan tetapi diharapkan untuk ke depannya informasi tentang MBKM bisa dimaksimalkan dalam penyampaiannya agar bisa lebih mendetail, jelas, dan menyeluruh sehingga mahasiswa dapat memahami dan memaksimalkan program tersebut. Diharapkan juga di Fakultas Ekonomi dan Bisnis dapat menyediakan mata kuliah MBKM yang nantinya dapat diambil mahasiswa Pendidikan Akuntansi agar masih sejalur dengan prodi.

Saran dan Komentar terkait Prodi Pendidikan Akuntansi dan Organisasi HIMA DIKSI

Departemen Pendidikan Akuntansi sudah baik. Semoga dapat lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan bagi mahasiswa dan seluruh civitas akademika Departemen Pendidikan Akuntansi. Untuk HIMA DIKSI harapannya dapat membawakan program kerja maupun kegiatan yang dapat memberikan kebermanfaatan bagi mahasiswa maupun masyarakat sekitar, serta dapat membawa FEB dan UNY yang lebih baik lagi dalam mengikuti berbagai kompetisi. Untuk ke depannya dapat ditingkatkan kepedulian, komunikasi, solidaritas, dan kekeluargaannya.

2.        Hasil Angket Dosen Departemen Pendidikan Akuntansi

Penilaian terhadap Mahasiswa Pendidikan Akuntansi

No

Pertanyaan

Nilai

Kategori

1

Kedisiplinan dan ketertiban mahasiswa pendidikan akuntansi dalam proses perkuliahan

76

Baik

2

Etika mahasiswa pendidikan akuntansi dalam proses perkuliahan

72

Baik

3

Keaktifan mahasiswa pendidikan akuntansi dalam perkuliahan

62

Baik

4

Penguasaan teknologi mahasiswa pendidikan akuntansi

72

Baik

5

Kesiapan mahasiswa pendidikan akuntansi dalam menghadapi perkuliahan dengan tatap muka

67

Baik

6

Ketercapaian tujuan pembelajaran dengan hasil yang dicapai mahasiswa pendidikan akuntansi dalam proses perkuliahan

70

Baik

7

Kesadaran dan kematangan persiapan mahasiswa pendidikan akuntansi dalam proses perkuliahan

66

Baik

8

Pelibatan mahasiswa pendidikan akuntansi dalam penelitian/kajian dan atau pengembangan/rekayasa/desain yang dilakukan dosen

65

Baik

 

Masukan dan Saran untuk Mahasiswa Pendidikan Akuntansi

1.      Mahasiswa seharusnya lebih rajin dan bertanggungjawab

2.      Mahasiswa harus meningkatkan lagi keaktifan di dalam kelas

3.      Mahasiswa dapat lebih aktif dalam kegiatan MBKM, Perlombaan, dan kegiatan yang dapat meningkatkan softskill lainnya.

4.      Mahasiswa seharusnya lebih memanfaatkan fasilitas yang diberikan.

5.      Mahasiswa masih perlu meningkatkan integritas, kinerja, dan tatakrama.

6.      Mahasiswa perlu meningkatkan budaya membaca agar mempunyai kemampuan belajar mandiri yang berkelanjutan.

HASIL TANGGAPAN PKM-PA 2023 PADA AESM 2023

Tanggapan Bu Ani Widayati, M.Pd., Ed.D., selaku Ketua Departemen Pendidikan Akuntansi UNY menanggapi terkaitan perkuliahan diselenggarakan luring maupun daring. Menurut Bu Ani sebaiknya jika perkuliahan diselenggarakan secara daring mungkin sifatnya ke pengetahuan dan penguasaan konsep agar memiliki kemampuan skill membaca. Namun jika terkait dengan praktik dapat dilaksanakan secara tatap muka. Apabila mahasiswa tidak paham dengan materi jika secara daring, mahasiswa juga diperbolehkan meminta untuk luring.

Terkait fasilitas, Bu Ani menanggapi apa yang menjadi keluhan, hambatan, Departemen akan menyampaikan kepada pihak terkait. Karena fasilitas merupakan milik fakultas, jadi departemen hanya dapat menjembatani untuk menyampaikan keluhan kepada fakultas.

Mengenai etika dosen menurut Bu Ani, bapak/Ibu dosen memiliki etika yang bagus dan bisa menjadi contoh dan teladan. Secara umum sudah bagus, tetapi secara khusus di dalam kelas itu menjadi hak prerogatif Bapak/Ibu dosen. Bu Ani juga menanggapi bahwa RPS adalah kesepakatan bersama di awal perkuliahan, menurut Bu Ani sosialisasi RPS sangat penting. Sedangkan karakteristik mata kuliah, Bu Ani menanggapi bahwa skill dilakukan dengan praktik sedangkan konsep dapat dilakukan seperti presentasi. Metode penyampaian materi harus disesuaikan dengan sifat materi.

Bu Ani menanggapi mengenai admin Departemen Pendidikan Akuntansi sudah baik saat ini tidak ada keluhan kepada admin. Admin Departemen Pendidikan Akuntansi juga merupakan admin terbaik di Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Bu Ani menanggapi bimbingan Karier di UNY masih jarang, hanya ada di Pusat. Bu Ani akan berusaha mengupayakan untuk mengadakan bimbingan karier dan akan diagendakan.

Terkai informasi MBKM Bu Ani menanggapi di Prodi tidak ada humas, namun kalau memungkinkan Bu Ani akan meneruskan informasi dari pihak atas ke grup ketua kelas. Bu Ani juga menyarankan untuk mengambil MBKM yang dapat mendukung karier kita di masa depan dan dapat memperdalam skill mahasiswa.