Hasil dan Tanggapan Angket PKM-PA 2024


PENDAHULUAN
    Kegiatan PKM-PA adalah penyebaran angket secara online melalui platform Google Forms kepada mahasiswa Departemen Pendidikan Akuntansi Angkatan 2021, 2022 , dan 2023 serta kepada seluruh dosen Departemen Pendidikan Akuntansi yang kemudian hasil angket tersebut akan diolah Divisi Penelitian dan Pengembangan. Hasil dari program kerja ini nantinya dipublikasikan dalam salah satu program kerja Divisi Kesejahteraan Mahasiswa yaitu Accounting Education Sharing and Motivation (AESM). 
    Kegiatan PKM-PA bertujuan untuk melakukan survey dan penelitian terhadap mahasiswa dan dosen Departemen Pendidikan Akuntansi FEB UNY dalam rangka memberikan fasilitas bagi mahasiswa dan dosen untuk menilai, mengevaluasi, dan menyampaikan aspirasinya terhadap fasilitas akademik, kemahasiswaan, organisasi Himpunan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi (HIMA DIKSI), fasilitas pengembangan karya tulis mahasiswa, informasi-informasi kependidikan, hingga kebijakan-kebijakan baru yang berlaku di kampus serta memberikan kritik dan sarannya.

Hasil Olah Angket PKM-PA 2024 
    Penilaian Dosen

No

Pertanyaan

Nilai

Kategori

1

Penerapan etika dosen dalam perkuliahan

72

Baik

2

Kesesuaian pembelajaran dengan karakteristik mata kuliah

73

Baik

3

Kesesuaian penilaian dengan pembelajaran

70

Baik

4

Penggunaan media pembelajaran oleh dosen

70

Baik

5

Ketepatan waktu dalam jam pembelajaran

perkuliahan

66

Baik

6

Strategi pembelajaran yang di terapkan oleh dosen

68

Baik


Penilaian Kualitas layanan dan Perkualiahan Departemen Pendidikan Akuntansi

No

Pertanyaan

Nilai

Kategori

1

Keandalan pengelola Departemen Pendidikan AKuntansi dalam melayani mahasiswa

 

70

Baik

2

Keramahan pengelola prodi dalam melayani

mahasiswa

 

70

Baik

3

Ketepatan pengelola dalam melayani mahasiswa sesuai dengan peraturan

71

Baik

4

Layanan admin Departemen Pendidikan Akuntansi

71

Baik

5

Efektivitas layanan e-service bagi mahasiswa

73

Baik

Penilaian Kualitas Layanan dan Perkuliahan Fakultas Ekonomi dan Bisnis

No

Pertanyaan

Nilai

Kategori

1

Keadilan layanan Fakultas/ Tendik/ Mahasiswa (layanan yang adil, nondiskriminatif, dan toleran)

71

Baik

2

Layanan bidang penalaran (misalnya: informasi mengenai bidang akademik dan lomba-lomba PKM)

70

Baik

3

Layanan bidang minat dan bakat (misalnya: adanya

UKM di Fakultas)

69

Baik

4

Layanan bimbingan karier (misalnya: penyiapan untuk memperoleh pekerjaan dan penyaluran lulusan ke tempat kerja)

67

Baik

5

Layanan bimbingan kewirausahaan (misalnya: adanya pelatihan edubisma, lomba P2MW, dan

workshop KBMK)

69

Baik

6

Layanan bimbingan dan konseling

66

Baik

7

Layanan beasiswa (misalnya: Beasiswa BRIGHT dan beasiswa BI)

68

Baik

8

Layanan kesehatan

64

Baik

9

Kemudahan layanan keuangan (misalnya: pembayaran UKT, pengurusan beasiswa, dispensasi

pembayaran)

68

Baik

10

Ketersediaan, kepemilikan, kemutakhiran, dan kesiapgunaan fasilitas dan peralatan untuk kegiatan pembelajaran

68

Baik

11

Kemudahan untuk memanfaatkan sarana prasarana

untuk kegiatan pembelajaran

68

Baik

12

Ketersediaan dan kemudahan akses sarana prasarana untuk orang berkebutuhan khusus (difabel)

66

Baik

13

Kecukupan prasarana TIK (komputer, bandwith, jaringan, kapasitas penyimpan data)

68

Baik

14

Aksesibilitas sistem informasi (kecukupan,

kemudahan penggunaan sistem informasi: siakad, besmart, presensi, dll)

73

Baik

15

Ketersediaan dan kemudahan akses Parkiran di Fakultas Ekonomi dan Bisnis

56

Cukup

16

Kemudahan layanan Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis

71

Baik


Penilaian Kualitas Layanan Pusat Universitas Negeri Yogyakarta

No

Pertanyaan

Nilai

Kategori

1

Efektivitas kegiatan pelatihan ProTEFL secara daring bagi mahasiswa

67

Baik

2

Efektivitas kegiatan pelatihan softskill secara daring bagi mahasiswa

68

Baik

3

Kejelasan dan kebermanfaatan pelatihan TIK secara daring bagi mahasiswa

68

Baik

4

Kejelasan mengenai kepastian sistem perkuliahan

69

Baik


    Penilaian Kinerja Himpunan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi

No

Pertanyaan

Nilai

Kategori

 

1

Kebermanfaatan berbagai program kerja HIMA DIKSI dalam memenuhi kebutuhan mahasiswa

untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas Mahasiswa Pendidikan Akuntansi

 

70

 

Baik

2

Keadilan layanan Mahasiswa (layanan yang adil, non diskriminatif, dan toleran)

70

Baik

3

Layanan bimbingan kewirausahaan

69

Baik

4

Layanan bidang minat dan bakat

69

Baik

 

5

Layanan bimbingan dalam penelitian dan

pengembangan (misalnya: keterlibatan dalam penilaian dosen)

 

70

 

Baik

6

Ketepatan kegiatan Hima yang positif agar tercipta karakter yang aktif dan berprestasi

69

Baik

7

Keandalan membangun hubungan yang harmonis antar sesama Mahasiswa Pendidikan Akuntansi

66,5

Baik

8

Kontribusi pengurus dalam bidang akademik maupun non akademik

69

Baik


Opini Mahasiswa Pendidikan Akuntansi

1.      Meskipun platform yang diberikan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis(dalam bentuk UKMF) untuk pengembangan potensi non-akademik (soft skill) sudah optimal, namun masih perlu perbaikan terutama dari segi fasilitas tempat, sehingga peraturan dapat ditegakkan. Meningkatkan kesadaran dan partisipasi mahasiswa. Memberikan informasi yang jelas tentang fasilitas apa saja yang akan disediakan sehingga mahasiswa dapat berpartisipasi dalam penggunaan fasilitas secara bermakna. Tambahkan beberapa UKMF untuk memperluas cakupan sesuai minat mahasiswa.

Mengelola UKMF menjadi organisasi kemahasiswaan yang lebih baik, lebih lanjut diharapkan partisipasi dan semangat mahasiswa semakin meningkat sehingga fasilitas yang diberikan menjadi wadah yang tepat untuk pengembangan soft skill.

2.      Perlu dilaksanakannya sosialisasi kejelasan Semester Pendek (SP), kegiatan MBKM, pelaksanaan KKN, PK, dan Program Beasiswa kepada mahasiswa Departemen Pendidikan Akuntansi agar pemahaman mereka lebih luas lagi tentang hal itu. Sehingga lebih efektif diadakan sosialisasi terkait hal itu daripada mahasiswa tersebut disarankan mencari informasi sendiri dan juga diadakannya sosialisasi itu informasi bisa tersampaikan dengan runtut dan jelas, karena masih banyak mahasiswa yang belum memahami informasi tersebut.

3.      Informasi dari media sosial HIMA DIKSI cukup membantu untuk mendapatkan informasi yang diperlukan dalam menunjang perkuliahan, dan memberikan update kegiatan-kegiatan yang ada di Departemen Pendidikan Akuntansi, namun ada beberapa saran untuk media sosial HIMA DIKSI untuk terus memperbarui konten secara berkala serta memperluas cakupan topik yang relevan dengan minat dan kebutuhan mahasiswa serta tidak memberikan informasi secara mendadak, dan sering melakukan evaluasi untuk agar lebih optimal. Diharapkan hal ini akan membantu meningkatkan keterlibatan mahasiswa dan efektivitas komunikasi antara HIMA dan anggotanya.

4.      Informasi yang Dibutuhkan saat ini oleh mahasiswa Pendidikan Akuntansi

·         Beasiswa

·         Informasi semester pendek

·         Volunteer

·         KKN, PK, Percepatan

·         MBKM

·         Lomba

·         Magang

·         Kewirausahaan

·         Webinar

·         Konseling

5.      Poin PEM bisa menjadi kegiatan yang efektif untuk meningkatkan minat dan potensi serta menjadi dorongan positif untuk berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler dan pengembangan diri. Dengan adanya poin PEM, mahasiswa dapat merasa lebih termotivasi dan dihargai atas kontribusi mereka di luar akademik. Hal ini dapat membantu memperkaya pengalaman mahasiswa dan menghasilkan individu yang lebih beragam dan berkualitas. Namun beberapa mahasiswa merasa PEM tidak sepenuhnya membantu mahasiswa dalam meningkatkan minat dan bakat karena beberapa mahasiswa justru tidak mau mengikuti kegiatan jika tidak mendapatkan poin PEM. Selain itu beberapa mahasiswa ada yang merasa terbebani dengan jumlah nilai PEM yang harus dicapai ada juga yang memilih untuk tidak memberi tanggapan.

6.      Beberapa mahasiswa merasa sudah cukup baik dalam ketersediataan informasi serta bimbingan PKM dan LKTI, namun banyak mahasiswa yang merasa kurang dan menginginkan adanya sosialisasi dan pemberitahuan yang jelas, adanya akses yang lebih mudah dan menyeluruh terhadap informasi tentang persyaratan, proses aplikasi, panduan, dan sumber daya bimbingan yang berkaitan dengan PKM dan LKTI. Lebih banyak lagi, diharapkan ada lebih banyak dukungan dan bimbingan yang tersedia bagi mahasiswa untuk mengembangkan dan mengeksekusi ide-ide kreatif mereka dalam bentuk PKM dan LKTI. Hal ini akan membantu meningkatkan partisipasi, kualitas, dan dampak dari kegiatan akademik tersebut di masa depan.

7.      HIMA DIKSI sudah cukup membantu dalam kegiatan akademik maupun non- akademik. Harapanya, agar nantinya dari HIMA dapat memberikan perubahan sekecil apapun itu, menjaga kekeluargaan dan lebih merangkul mahasiswa DIKSI yang tidak menjadi bagian dari HIMA, dan diharapkan untuk terus memperkuat komunikasi dan keterlibatan dengan anggota, memastikan bahwa kegiatan dan program yang diselenggarakan sesuai dengan kebutuhan dan minat mahasiswa. Lebih lanjut, penting untuk memfasilitasi pelatihan dan workshop yang relevan dengan jurusan atau minat anggota, serta menciptakan suasana inklusif dan kolaboratif di dalam organisasi. Dengan demikian, HIMA DIKSI dapat menjadi wadah yang berharga bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri secara pribadi dan profesional dalam konteks pendidikan akuntansi.


Penilaian terhadap Mahasiswa Pendidikan Akuntansi

No

Pertanyaan

Nilai

Kategori

1

Kedisiplinan dan ketertiban mahasiswa pendidikan akuntansi dalam proses perkuliahan

74

Baik

2

Etika mahasiswa pendidikan akuntansi dalam proses perkuliahan

75

Baik

3

Keaktifan mahasiswa pendidikan akuntansi dalam perkuliahan

69

Baik

4

Penguasaan teknologi mahasiswa pendidikan

akuntansi

74

Baik

5

Kesiapan mahasiswa pendidikan akuntansi dalam menghadapi perkuliahan dengan tatap muka

71

Baik

6

Ketercapaian tujuan pembelajaran dengan hasil yang dicapai mahasiswa pendidikan akuntansi dalam

proses perkuliahan

70

Baik

7

Tingkat pemahaman mahasiswa pendidikan akuntansi dalam proses perkuliahan

71

Baik

8

Pelibatan mahasiswa pendidikan akuntansi dalam penelitian/kajian dan atau pengembangan/rekayasa/desain yang dilakukan

dosen

67

Baik

9

Motivasi mahasiswa pendidikan akuntansi dalam mengikuti perkuliahan.

75

Baik

10

Motivasi mahasiswa pendidikan akuntansi dalam menulis karya ilmiah atau artikel ilmiah

46

Kurang

11

Motivasi mahasiswa pendidikan akuntansi dalam mengikuti kompetisi atau perlombaan

65

Baik


Masukan dan Saran untuk Mahasiswa Pendidikan Akuntansi
1.      Penguatan nilai-nilai etika kesopanan dalam berpakaian
2.      Banyak belajar dan mengembangkan potensi diri terutama dalam ajang perlomban.
3.      Meningkatkan motivasi untuk menulis karya ilmiah atau publikasi.
4.      Meningkatkan kedisiplinan, motivasi, keaktifan, dan ketertiban dalam perkuliahan
5.      Mengembangkan motivasi belajar di segala kegiatan khususnya dalam perkuliahan

Hasil Tanggapan PKM-PA 2024

        Tanggapan Ibu Dr. Denies Priantinah, M.Si., Ak., CA., selaku Ketua Departemen Pendidikan Akuntansi UNY menanggapi terkait yang perkuliahan yaitu pembelajaran dimana pembelajaran memang harus sesuai dengan karakteristik mata kuliah, tidak sekedar hanya mengisi KRS saja, tetapi bagaimana strategi yang dilakukan agar pembelajaran mata kuliah efektif dan media pembelajaran yang digunakan juga sudah sangat di upgrade oleh dosen agar kemudahan dan keefektifan dalam proses pembelajaran perkuliahan.

        Terkait fasilitas, Bu Denies menanggapi apa yang menjadi keluhan, hambatan, Departemen akan menyampaikan kepada pihak terkait. Karena fasilitas merupakan milik fakultas, jadi departemen hanya dapat menjembatani untuk menyampaikan keluhan kepada fakultas. Dan beliau juga menyampaikan sebisa mungkin akan berusaha memperbaiki dan menyampaikan terus terkait fasilitas ini. Terutama dalam fasilitas lahan parkir yang sering menjadi keluhan oleh mahasiswa.

        Mengenai etika dosen menurut Bu Denies, bapak/Ibu dosen memiliki etika yang bagus dan bisa menjadi contoh dan teladan. Secara umum sudah bagus, namus secara khusus mungkin bisa ditingkatkan kembali. Apalagi juga setiap semester mahasiswa akan mengisi e-monev untuk menilai bagaimana juga terkait etika dan kinerja bapak/ibu dosen.

        Bu Denies menanggapi mengenai admin Departemen Pendidikan Akuntansi sudah baik saat ini tidak ada keluhan kepada admin. Namun, Bu Denies juga akan berusaha menyampaikan jika memang ada keluhan kepada admin Departemen Akuntansi. 

        Bu Denies juga menanggapi terkait sarana prasarana untuk mahasiswa berkebutuhan khusus (difabel) sudah baik karena ada mahasiswa difabel yang sampai bisa mendapatkan beasiswa dan lulus S1 di Universitas Negeri Yogyakarta.

        Terkait informasi kurangnya motivasi mahasiswa untuk menulis artikel atau publikasi sebenarnya pihak kampus sudah memberikan dukungan yaitu setiap dalam penelitian yang dilakukan oleh dosen harus melibatkan mahasiswa nya dan ada jumlah minimal mahasiswa yang harus ikut dalam penelitian tersebut. Jadi, memang mahasiswa juga terus dimotivasi agar lebih mengembangkan hal tersebut. 

        Terkait informasi Semester Pendek, MBKM maupun info lainnya, Bu Denies menanggapi bahwa memang informasi tersebut terkadang hanya disampaikan melalui grup dan tidak menyeluruh namun kalau memungkinkan Bu Denies akan merepost informasi dari kementrian ke grup ketua kelas. Bu Denies juga menyarankan jika mahasiswa juga harus lebih aktif untuk mencari informasi yang memang belum atau kurang tersampaikan.

        Dan juga terkait perlombaan ini memang sudah ditingkatkan apalagi sekarang dengan adanya PEM, hal tersebut dapat menambah motivasi mahasiswa agar tidak terpaku kepada nilai akademik seperti IPK saja, tetapi bagaimana pengalaman yang didapatkan dan agar mahasiswa lebih aktif tidak menjadi mahasiswa yang kupu-kupu saja.

        Terkait dengan bimbingan konseling, Bu Denies juga menyampaikan bahwa sebisa mungkin dilaksanakan secara offline karena memang layanan bimbingan konseling ini sangat penting apalagi di era generasi sekarang.

        Bu Denies juga menyampaikan terkait saran bagi mahasiswa Pendidikan Akuntansi yaitu tidak hanya kesopanan dalam hal berpakaian saja tetapi lebih kepada etika komunikasi yang dimana terjadinya komunikasi dua arah, bagaimana komunikasi antara dosen dan mahasiswa bisa tersampaikan dengan baik.