Gunung Kelud "Batuk"

Abu yang abu-abu di Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta
*by : pak Rizqi I.A*


Gunung Kelud secara administratif masuk wilayah Kabupaten Kediri, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Blitar di Jawa Timur, meletus pada Kamis (13/2) pukul 22.50 WIB, dan terjadi letusan susulan pada pukul 23.30 WIB. Gunung yang mempunyai ketinggian 1731 m di atas permukaan laut ini diketahui terakhir kalinya meletus pada tanggal 3-4 November 2007.
Menurut informasi dari Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB) letusan Gunung Kelud (13/2) mengakibatkan turunnya hujan abu, pasir dan kerikil yang diperkirakan hingga radius 20 km (kilomater), khususnya di barat hingga barat daya dari Gunung Kelud.
Dampak dari letusan Gunung Kelud juga dirasakan sampai wilayah Yogyakarta. Hingga saat ini (14/2) kota Yogyakarta dalam keadaan gelap dan terselimuti salju vulkanik. Hal tersebut mengakibatkan kegiatan akademik di Universitas Negeri Yogyakarta diliburkan untuk sementara waktu dan belum diketahui hingga kapan dapat beroperasi normal kembali.
Himbauan untuk seluruh mahasiswa dan masyarakat untuk berhati – hati dalam beraktivitas dalam cuaca yang buruk seperti ini. Pastikan mengenakan masker untuk menjaga pernafasan apabila terpaksa beraktivitas di luar ruangan, lebih baik lagi apabila beraktivitas dalam ruangan. Semoga keadaan ini dapat segera teratasi dengan baik. #PrayForKelud #PrayForIndonesia. (Azwar,Alta)