DIKSI MAGAZINE - LOMBA CERDAS CERMAT AKUNTANSI SMA/SMK


Era revolusi industri 4.0 menjadi tren otomatisasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik yang menekankan pada efektifitas dan efisiensi proses pekerjaan menggunakan sistem atau mesin berteknologi canggih. Namun hal ini menyebabkan terjadinya pemutusan kerja oleh perusahaan yang berdampak pada angkatan  kerja di berbagai bidang, tak terkecuali akuntansi. 
Hal ini yang mendorong dicetuskannya era society 5.0. Dalam era ini, tatanan masyarakat berpusat pada manusia dan berbasis teknologi. Namun masih tak dapat dipungkiri bahwa akuntan yang mampu bersaing adalah mereka yang melek terhadap perkembangan teknologi. Hal ini lah yang mendasari pentingnya bagi akuntan untuk memahami perkembangan Financial technologi(Fintech). 
Untuk itu pada tahun ini Himpunan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi FE UNY mengadakan serangkaian LCCA 2020 dengan tema “Mengembangkan Fintech untuk Menghadapi Dampak Pandemi Covid-19 bagi Peran Akuntan di Era Society 5.0 melalui Lomba Cerdas Cermat Akuntansi 2020”
Kegiatan LCCA 2020 merupakan serangkaian komppetisi bagi siswa SMA dan SMK yang dimulai dari bulan September 2020 hingga Oktober 2020. Serangkaian kegiatan ini meliputi Technical Meeting, Penyisihan Babak 1, Semifinal Round, dan Final Round. Adanya kondisi pandemi Covid-19 tidak mengahalangi pihak pelaksana untuk mengadakan serangkaian kegiatan ini. Oleh karena itu pelaksanaan LCCA tahun ini menggunakan seluruhnya sistem online dengan memanfaatkan platform Besmart dan Zoom Meeting.
Kondisi pandemi ternyata tak menyurutkan semangat para peserta untuk mengikuti serangkaian perlombaan. Hal ini dapat dilihat dimana kegiatan LCCA 2020 diikuti oleh 62 SMK dan 50 SMA dari seluruh wilayah di Indonesia. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat utamanya untuk generasi akuntansi agar lebih siap dalam  menghadapi tantangan dikarenakan perubahan teknologi dan zaman. Selain itu, semoga kegiatan ini juga dapat menjadi kompetisi yang mewadahi siswa dan mahasiswa yang memiliki minat dan bakat di bidang akuntansi.