DIKSI MAGAZINE - SEMINAR NASIONAL 2020


SEMINAR NASIONAL 2020


Masa pandemi COVID-19 menyebabkan banyak perubahan dalam kehidupan masyarakat di berbagai bidang, termasuk ekonomi. Keadaan ekonomi masyarakat mengalami penurunan dikarenakan adanya pembatasan sosial untuk pencegahan penularan COVID-19, sehingga banyak masyarakat yang tidak dapat beraktivitas dan bekerja seperti biasanya. Pandemi ini juga menuntut masyarakat untuk menaati protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, tidak berkerumun dan menjaga jarak, menjaga kebersihan, dan lain-lain. Adanya pembatasan sosial ini mengembangkan gagasan dalam perekonomian yakni financial technology atau layanan keuangan berbasis digital yang disesuaikan dengan kondisi masyarakat saat ini.
Kemarin, 25 Oktober 2020, Hima Diksi FE UNY mengadakan Seminar Nasional yang mengangkat tema “Inovasi Pendidikan dalam Perkembangan Financial Technology untuk Menghadapi Dampak Pandemi COVID-19” secara daring. Tema ini bermaksud untuk memberikan wawasan dan pemahaman kepada masyarakat terutama kalangan anak muda atau mahasiswa untuk mewujudkan inovasi pendidikan serta memperkuat perekonomian Indonesia dalam keuangan digital sehingga dapat berkontribusi untuk menggerakkan kemajuan pendidikan dan ekonomi Indonesia.
Pada Seminar Nasional tahun ini, panitia menghadirkan dua pembicara yakni Bapak Prof. Sukirno, Ph.D. (Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta) selaku pembicara pertama dan Bapak Alan Perdana Putra (Brand Activation & Community Engagement Manager Investree) selaku pembicara kedua. Prof. Sukirno membahas mengenai perkembangan pendidikan saat ini dimana dalam merancang kurikulum sebaiknya mengkombinasikan antara mindset and values, knowledge and skills, dan practices. Kemudian dilanjutkan oleh Bapak Alan Perdana Putra dengan membahas tentang Investree merupakan salah satu perusahaan di bidang financial technology.
Seminar Nasional dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan ditutup dengan pengisian presensi dan form feedback oleh peserta serta sesi foto bersama. Adanya Seminar Nasional ini diharapkan dapat memberikan wawasan kepada peserta terhadap perkembangan pendidikan dan adanya financial technology di masa pandemi COVID-19 ini.